Instagram in My Hand

Hai..hai. Gak nyangka, hari ini tepat sudah 5 tahun blog ini eksis di dunia maya. Eksis? eh. Tepat di hari ini 5 tahun lalu, saat saya sedang tidak punya begitu banyak kesibukan, dianjurkan oleh adikku tersayang untuk menghabiskan waktu dengan menulis di sini, di wordpress. Jadilah Pelangi Diaryna ini, yang kala itu masih dengan nama lain.

Di hari ulang tahun blog ini, saya tidak ingin membahas tema khusus tentang ulang tahun seperti biasa-biasanya. Saya tidak ingin muncul di kala ulang tahun saja, walaupun kenyataannya seperti itu, momennya saya mood untuk nulis memang pas ketika ada momen khusus semacam ulang tahun. Ups. Okey, lanjut yaaa. Hari ini saya mau share sesuatu yang akhir – akhir ini katanya sedang rame di instagram. Katanya belum ngehitz kalo belum melakukan hal #kekinian yang satu ini. Sejujurnya, saya yang seorang pengguna instagram aktif benar-benar nggak ‘ngeh’ dan terlambat mengetahui fenomena #kekinian yang banyak muncul dengan hashtag #InstagramInMyHand. Sehr etwas (sesuatu banget).
image

Awalnya ketika ada beberapa orang teman yang memposting foto tangan yang sedang menggenggam instagram, saya pikir itu hal biasa, orang yang sedang memegang handphone dan dia jadikan instagram dengan layar penuh di smartphone-nya. Hal ini baru saya sadari ketika saya baca berita di kompas tekno. Akhirnya saya kepoin deh hashtag tersebut dan foto-fotonya. Timbul keisengan untuk mencoba.

Nah, setelah baca di kompas tekno yang pernah nyobain pake aplikasi PicsArt, saya juga mencobakan sesuai tutorial tersebut. Ternyata caranya sangat gampang.

  1. Siapkan dua foto yang akan digabung, satu foto tangan seperti sedang menggenggam handphone dan satu lagi foto screenshoot instagram yang akan digenggam di tangan.

 

 

 

2. Pastikan handphone Anda memiliki fitur yang dapat mengedit foto seperti untuk menggabungkan dua foto. Di sini saya mencoba menggunakan aplikasi PicsArt.

3. Pada PicsArt bukalah opsi edit, kemudian pilih foto tangan yang anda inginkan sebagai dasar foto.

4. Kemudian pilih opsi add foto untuk menambahkan foto instagram yang akan ditumpuk di tangan.

5. Edit opacity pada foto instagram yang ditumpuk sesuai kebutuhan. Ada pilihan normal, screen, multiply, darken, overlay, lighten.

image

Sekarang foto #InstagramInMyHand sudah siap untuk Anda publish.

Mudah sekali bukan? Cuma ada beberapa jenis foto #InstagramInMyHand yang menurut saya kurang teliti dalam mengedit. Misal seperti gambar di bawah ini :

image

Bagian yang saya beri tanda panah adalah bagian yang saya maksud kurang detail. Capture bagian atas yang ada jam, baterai, dan aplikasi yang terbuka belum dipotong. Menurut saya ini agak menganggu, karena akan terlihat jelas kalau itu adalah foto screenshot. Tapi bagi sebagian orang itu adalah seperti hape yang di bagian atasnya memang ada bagian atas yang ada jam, baterai, dll.

Memang tidak ada aturan khusus, harus ada atau tidak ada bagian itu. Cuma menurut saya sebagai orang awam, justru dengan bagian yang tidak dicrop tersebut jadi mengurangi nilai foto yang ditumpuk.

Kecuali jika seperti foto di bawah ini :

image

Gambar yang menggambarkan seperti sebuah handphone lengkap dengan bagian atas yang ada tools baterai, jam, dan aplikasi tidak di crop dan di bawah juga ada tools home, back, dll. Menurut saya gambar di atas lumayan masuk akal seperti sebuah handphone sebenanrnya.

Okey. Sekian dulu pembahasan Instagram In My Hand ya.

Selamat mencoba!
Ciao !

5 pemikiran pada “Instagram in My Hand

  1. Ping balik: #2015bestnine | PeLaNgi DiaRyNa

Tinggalkan Balasan

