Apa Maknanya?

stopwatchAkan datang masanya satu hari di dalam setahun, saat itu hpmu jadi lebih sibuk dari hari biasanya karena banyak sms masuk,  hpmu jadi lebih sering berdering dari hari-hari sebelumnya karena banyak yang menelpon. Banyak chatingan yang masuk baik di gtalk, YM, whatsapp, line, kakaotalk, weChat (sebutin semua aplikasi chating), MiRC (masih zaman ya o.O). Wall facebookmu jadi penuh karena postingan teman teman baik yang dikenal, yang sok kenal sok dekat sampai yang tidak kenal sekalipun. Semuanya pada hari itu menjadi sangat perhatian denganmu berbondong-bondong mengucapkan “Selamat Ulang Tahun”, DBD eh HBD shakehand3, sampai yang sangat baiknya mengirimkan doa doa indah, ada juga yang ngirim sindiran “woooy, udah makin tua nih kapan nikah?” kenapa gak nanya kapan mati aja sekalian #glek, ngirim doa-doa yang berupa inisial seperti : WUATB, GBU, GL, GWS #loh dan Ge ge lainnya yang hanya bisa dimengerti oleh orang orang tertentu saja. 

Yap…pasti sudah bisa menebak hari apa yang dimaksud di atas. Hari di saat seorang anak manusia dilahirkan ke atas bumi ini.

mikirSebenarnya, apa makna hari itu bagimu? (Nunjuk ke diri sendiri, lagi ngomong sendiri ceritanya)

Apakah hari itu menjadi spesial karena pada hari itu semua mata seperti tertuju padamu? Karena semua orang tiba tiba mengucapkan selamat ulang tahun. Hari jadi seleb dalam setahun 52

Apakah hari itu menjadi riuh, gemerlap dan kerlap kerlip (kayak bintang) karena pada hari itu kamu bisa makan enak dari biasanya dan merayakannya dengan mentraktir teman temanmu, seperti habis memenangkan suatu pertandingan atau meraih juara tingkat alam semesta (universe).

happy-birthday-01

Apakah hari itu tiba tiba menjadi hari teromantis dalam setahun karena pada hari itu ada yang tiba tiba memberikan kejutan berupa telur busuk yang diceplokkan di atas kepalamu, ditambah tepung, pewarna, kecap, saos, sirup, dan surrprisseee jadilah kue ulang tahun yang bisa berjalan. Atau ada yangmenyelipkan kado di dalam tasmu (tanpa sepengetahuanmu tentunya),  atau ada yang tiba tiba membawa kue ulang tahun dan surpriseeeeeee, atau ada yang tiba tiba membawa sebuket bunga mawar merah merekah (lebay tingkat anak SMP baru puber) dan meletakkannya secara diam diam di atas mejamu 52

Apakah hanya sebatas itu ? Lalu bagaimana dengan hari-hari berikutnya? Kembali lagi seperti hari hari biasanya, kembali dengan rutinitas biasanya, dan kebiasaan lama hiks. Hiks…

Memperingati hari ulang tahun, sebenarnya tidak pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Cuma karena kebiasaan dan rutinitas yang berkembang di lingkungan saja sehingga munculah kebiasaan merayakan hari ulang tahun. Jika dilihat dari sisi positifnya, sebenarnya ada hal hal baik yang dapat diambil.

jam-pasir

Hari ulang tahun, sebenarnya bisa dijadikan ajang untuk muhasabah diri, refleksi diri, mengingat ingat apa yang telah dilakukan selama hidup di dunia, mengingat betapa banyaknya nikmat yang tak terkira yang telah diberikan Allah pada kita, tentunya menghitung sendiri kira kira berapa lama lagi bisa berdiri di atas dunia ini, dan hal terbaik apa yang bisa dilakukan untuk mengisi sisa usia ke depan sebelum pulang ke kampung halaman yang abadi. Pada hari itu seharusnya semakin lama lagi sujudmu padaNya, semakin panjang lagi doa yang  kau kirimkan padaNya  dari hari hari biasanya.

Semoga kita semua dijauhkan dari pemaknaan hari ulang tahun yang begitu sempit. Semoga kita semua dijauhkan dari hura hura dan kesia siaan dalam mengingat hari itu. Aamiin .

-Seorang perempuan yang dilahirkan 26 tahun silam 😉

Iklan

2 pemikiran pada “Apa Maknanya?

  1. Wuih keren nih background blognya.. ada ikan yang jalan gitu, ditambah ada pancingan turun.. hihihi

    Btw kadang juga bkin galau, jdi yg ngucapin lgs to the point ‘HBD dan jangan lupa traktir ya besok’. Ucapan dan ucapan ngngtin traktir lebih pnjang ngingetinnya yaa,, hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s