Libur Telah Tiba

Libur tlah tiba…Libur tlah tiba 

wakss…udah hampir habis kali ya…(postingan telat )

Ya, not bad lah, masih ada hari Minggu besok untuk liburan.

Mau kemana liburan kali ini? Kalau masih pusing menentukan pilihan. Ayoo liburan ke Bandung aja. Kalau untuk urusan wisata, bisa dibilang Bandung adalah surganya wisata. Dari mulai wisata kuliner, shopping, wisata seni, wisata alam sampai wisata rohani ada di sini. Tinggal pilih saja.

Nah, bagi yang sudah bosan dengan suasana perkotaan, gedung bertingkat, mall dan hiruk pikuknya, bisa menjadikan wisata alam sebagai pilihannya. Salah satunya bisa mencoba ke Dago Pakar dan Maribaya .

Apalagi di hari minggu, bisa sekalian hiking atau sekedar jalan santai. Berikut liputan saya beberapa minggu lalu ketika menjelajahi kawasan Dago Pakar sampai Maribaya. Check this out !!! <—- gaya, sok-sokan jadi reporter 

 

Dago Pakar atau nama resminya Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda terletak di utara kota Bandung, tepatnya di Dago atas. Cukup mudah untuk ke sana, baik dengan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum.

Tiket masuk Rp 8.000,- per orang . Tempat ini cocok sekali untuk hiking sambil menikmati hijaunya tumbuh-tumbuhan dan menghirup udara alam yang masih segar.

 

Di sini juga terdapat dua goa, yaitu Goa Belanda dan Goa Jepang yang digunakan oleh tentara Jepang dan Belanda pada saat mereka menjajah Indonesia dulu. Di luar goa banyak pemandu yang menawarkan jasa penyewaan senter dan panduan tentang pengetahuan sejarah goa.

Setelah dari goa, kita bisa menelusuri jalan setapak menuju Maribaya. Ada yang bilang jaraknya sekitar 6 km. Kalau dihitung-hitung sekitar 2 jam jalan kaki. Bagi yang tidak sanggup jalan kaki, bisa menggunakan ojeg. Jalan setapaknya sudah dipasangi paving block, sehingga medannya lebih nyaman untuk dilalui. Cuma agak becek kalau musim hujan.

Jalan yang umumnya menanjak, cukup membuat lelah . Di pinggir jalan setapak, terdapat beberapa saung atau warung kecil yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat sejenak. Warung-warung ini menjual beraneka macam makanan dan minuman, seperti jagung bakar, sate kelinci, gorengan dan air mineral botol, dan masih banyak lainnya.

Ujung dari kawasan Dago Pakar kita sampai di Maribaya. Di Maribaya, kita dapat menikmati beberapa air terjun atau curug. Salah satunya seperti di bawah, curug omas. Tapi saya melihatnya lebih seperti sungai yang besar dan curam, bukan seperti air terjun.

Namun, sampai di kawasan Maribaya harus beli tiket masuk lagi Rp 2.750,-/orang . Walaupun itu hanya untuk keluar dan tidak masuk ke objek wisatanya. Karena objek wisata ini (Dago Pakar dan Maribaya) tidak satu kawasan. Jadi, kalau yang tidak mau bayar tiket masuk ke Maribaya, jalan pulangnya balik lagi menyusuri jalan setapak sejauh 6 km tadi ke arah Dago capedeee. Jika lewat Maribaya jalannya tidak begitu jauh, karena di pintu masuk kawasan Maribaya ada angkot yang membawa kita keluar dan Pulangggg!!!! 

Yang tersisa dari perjalanan :

* di kawasan objek wisata ada yang jual  kelinci dan kaktus juga

Kelinci dan Penjualnya yang Manis =)

*Wah, ternyata di sini juga ada anak durhaka yang dikutuk jadi batu. Weeww….nyaingin Malin Kundang nih.

Gak ding, becanda.

Iklan

9 pemikiran pada “Libur Telah Tiba

  1. Eeeeeeeeh saya mau jalan2!! 😀 😀
    Payah nih…
    Saya udah lama empat tahun tinggal di Bandung…
    Tapi masih jarang menjelajahi objek2 wisata di sekitar Bandung…. 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s